-->

Friday, April 3, 2015

Pura Tirta Empul Tapak Siring Bali

Sebisa AndaPura Tirta Empul adalah salah satu wisata reliji umat hindu, yang di percaya oleh umat hindu memiliki air suci yang dapat pensucikan jiwa dari hal- hal buruk. Pura ini juga sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik wisatawan lokal (indonesia) ataupun wisatawan asing.
Pura Tirta Empul ini juga merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Bali khususnya Gianyar. Oleh karena itu pula, presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno mendirikan sebuah Istana Presiden tepat di sebelah barat Pura Tirta Empul.

Sejarah Dari Pura Tirta Empul Bali

pura tirta empul
Diceritakan bahwa Raja Mayadenawa bersikap sewenang–wenang dan tidak mengijinkan rakyat untuk melaksanakan upacara-upacara keagamaan untuk mohon keselamatan dari Tuhan Yang Maha Esa. Setelah perbuatan itu diketahui oleh Para Dewa, maka para dewa yang dikepalai oleh Bhatara Indra menyerang Mayadenawa. Mayadenawa kalah dan melarikan diri hingga di sebelah Utara Desa Tampak siring. Dengan kesaktiannya ia menciptakan sebuah mata air beracun mengakibatkan laskar Bhatara Indra yang mengejarnya gugur akibat minum air tersebut. Melihat hal ini Bhatara Indra segera menancapkan tombaknya dan "air keluar dari tanah" (Tirta Empul). Air Suci ini dipakai memerciki para Dewa sehingga tidak beberapa lama bisa hidup lagi seperti sedia kala. 
Pendirian pura ini diperkirakan pada tahun 960 . pada jaman Raja Chandra Bhayasingha dari Dinasti Warmadewa.

Lokasi Dari Pura Tirta Empul Tapak Siring

Pura Tirta Empul terletak di desa Manukaya kecamatan Tapak Siring Kabupaten Gianyar, Bali, sekitar 1jam 30 menit dari Airport Ngurah Rai. Jika anda mau berkunjung ke pura yang memiliki sumber air suci ini, anda harus menuju ke arah Ubud lalu Kearah Pura Goa Gajah dan setelah itu cari arah ke Kintamani, nah sebelum masuk ke desa kintamani anda akan melewati desa Manukaya tapak siring, dan disitulah lokasi dari Pura Tirta Empul Berada tepat di bawah Istana Kepresidenan soekarno, jika anda masih bingung juga anda bisa menggunakan jasa transport murah di bali dengan sistem paket untuk mempermudah anda dalam mencapai pura tirta empul tanpa harus takut tersesat.

Fungsi dari Pura Tirta Empul Gianyar

pancuran tirta empul
Pura Tirta Empul memiliki sebuah kolam, yang terdapat mata air yang keluar dari tanah yang mengalir ke kolam permandian yang berbentuk persegi panjang dan terdapat 30 pancuran, dan mengalir ke Sungai Pakerisan, mata air ini disucikan dan diyakini dapat menetralisir pengaruh-pengaruh negatif atau dari kekuatan jahat, di mana masing-masing pancuran yang terdapat di areal pemandian Tirta Empul memiliki fungsi dan nama sendiri, seperti pancuran Pebersihan, Pengelukatan, Sudamala dan Pancuran Cetik atau Racun.
Sampai sekarang areal pemandian di Pura Tirta Empul, sering digunakan untuk melukat, untuk membersihkan diri dari kotoran sekala maupun niskala, apalagi saat hari-hari suci bagi agama Hindu, banyak masyarakat datang ke areal pemandian ini, dengan tujuan melukat (pembersihan diri) sehingga dijauhkan dari pengaruh-pengaruh jahat
Butuh Jasa Transport Murah Di Bali Plus Driver Dan BBM? Kami siap melayani anda. Berikut adalah list harga yang kami tawarkan

Link Banner Link Banner

Share this article with your friends
[ ' [
Location: Tampak Siring, Tampaksiring, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar 80515, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com