-->

Saturday, April 25, 2015

Menikmati Malam Petik Laut DI Desa Grajagan Banyuwangi Jawa Timur

Petik Laut tradisi masyarakat Banyuwangi tepatnya di desa grajagan, melaksanakan tradisi upacara Petik Laut setiap tahunnya yang dilanksanakan pada tanggal 1 suro pada penanggalan jawa. Petik Laut ini adalah upacara yang dilaksanakan unuk mensyukuri nikmat oleh tuhan yang Maha Esa sehingga masyarakat grajagan bisa menangkap dan mendapat ikan sebagai hasil laut yang melimpah. Tradisi ini bisa untuk mengisi kekosongan waktu bersama teman dan keluarga untuk menikmati malam Petik Laut di desa Grajagan Banyuwangi Jawa Timur.

Pelaksanaan upacara yang sudah menjadi tradisi orang grajagan ini dilakukan dengan cara memberikan sesaje/ seserahan berupa kepala hewan ( sapi atau kambing) yang nantinya akan dibawa ketengah laut dan akan di letakkan sebagai sesajen kepada sang penjaga laut selatan. Dan ada mitos jika sesajen tersebut kembali ke bibir pantai maka sesajen tersebut tidak diterima oleh sang penjaga laut selatan, dan juga sebaliknya jika sesajen tidak kembali ke bibir pantai maka seserahan tersebut sudah diterima oleh penjaga laut selatan.

petik laut grajagan Banyuwangi
kapal hias untuk pengangkut sesajen

Warga dari Desa Grajakan akan berbondong- bondong membawa sesajen yang akan dikumpulkan jadi satu dan nantinya akan dibawa ketengah laut menggunakan sampan atau perahu kecil beramai- ramai dari satu lokasi dan akan di bawa ketengah laut dan akan dilepaskan begitu saja terkambang ditengah laut.

petik laut banyuwangi jawa timur
warga bergotong royong mengangkat kapal berisi sesajen

Tidak hanya warga setempat yang datang dan mengikuti upacara tersebut akan tetapi tidak sedikit pula warga desa sekitar yang sengaja datang untuk sekedar melihat tradisi tahunan yang sudah melekat kuat sebagai ciri khas di desa grajagan ini, Karena memang selain adanya upacara tersebut biasanya akan diiringi dengan acara- acara lainnya seperti pertunjukan tari gandrung, wayang, pasar malam, dan juga diadakan lomba- lomba dengan hadiah yang menarik.
tari gandrung Banyuwangi
Tari Gandrung khas Banyuwangi

wayang kulit
Pertunjukan wayang

Semoga nantinya tradisi petik laut di Desa Grajagan Ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata di Banyuwangi, karena memang banyuwangi juga memiliki potensi wisata alam yang tak kalah dengan Pulau Dewata Bali, dan banyak obyek wisata di Banyuwangi yang jauh lebih indah dan mengesankan seperti:
  1. Kawah Ijen dengan panorama Blue Fire dan juga kawah dengan blerang yang misterius yang tidak akan anda temui di lokasi manapun di Indonesia.
  2. Pulau Merah | Red Island dengan ombaknya yang indah dan juga sudah diakui oleh pecinta olah raga surfing dunia.
  3. G Land | Pantai Plengkung yang sudah tidak perlu anda tanyakan lagi ke apsahannya tentang ombaknya yang indah bahkan terindah ke- 2 dunia setelah Pantai Di Hawaii.
  4. Pantai Sukamade yang terkenal akan penangkaran penyu dan masih banyak yang lainnya.
Disamping lokasinya dengan Bali yang hanya terhalang oleh laut selat Bali ini, Banyuwangi adalah kota yang wajib anda kunjungi untuk menikmati liburan anda.
Butuh Jasa Transport Murah Di Bali Plus Driver Dan BBM? Kami siap melayani anda. Berikut adalah list harga yang kami tawarkan

Link Banner Link Banner

Share this article with your friends
[ ' [
Location: Grajagan, Grajagan, Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68483, Indonesia

2 comments:

  1. Kapan kapan ingin menikmati suasana petik laut di grajagan, masa liatnya cuma di muncar aja

    ReplyDelete
  2. kalau boleh tau kapan ya petik laut ini? mau lihat prosesinya

    ReplyDelete

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com