-->

Thursday, April 23, 2015

Pantai Sukamade | Pengembangbiyakan Penyu Di Banyuwangi

pantai sukamade banyuwangi

Pantai Sukamade adalah obyek wisata di Banyuwangi Jawa Timur, pantai ini terkenal sebagai rumah/ penangkaran penyu, disini anda bisa melihat proses pengembangbiakan dari penyu mulai dari bertelur sampai penyu tersebut kembali lagi ke laut dan anda juga bisa ikut melepaskan tukik ( anak penyu) ke laut lepas sebagai habitat aslinya.
Pantai suka made adalah salah satu destinasi wisata andalan bagi Kabupaten Banyuwangi, dan ada 3 tempat wisata yang menjadi andalan pariwisata di Banyuwangi yaitu:
3 obyek wisata di atas tergabung dan terkenal sebagai triagle diamond ( tiga berlian ) karena lokasinya jika dilihat dari peta akan membentuk sebuah segi tiga.

Lokasi Pantai Sukamade

Pantai Sukamade ini terletak di desa sarongan- pesangrahan Banyuwangi Jawa Timur, pantai ini masih dalam daerah Taman Nasional Meru Betiri, lokasinya juga berdekatan dengan Pantai Green Bay ( Teluk Hijau). Untuk mencapai ke lokasi Pantai Sukamade anda bisa menggunakan mobil 4 wd, sepeda motor atau bagi anda yang suka hiking dan tantangan anda bisa berjalan kaki beramai- ramai bersama teman. Jarak pantai sukamade dari teluk hijau sekitar 15 km dengan rute yang cukup menantang adrenalin dengan jalan bebatuan dan juga menyebrangi sungai.

Daya Tarik Pantai Sukamade

Daya tarik dari pantai Sukamade ini adalah anda bisa mengikuti proses demi proses dalam pengembangbiyakan penyu di Sukamade, mulai dari proses bertelur, pemindahan telur penyu sampai pelepasan tukik ke laut lepas.

Proses Penyu Bertelur

proses penyu bertelur
Proses Penyu Bertelur

Penyu- penyu ini biasanya bertelur pada malam hari dan anda juga bisa melihat proses dari bertelurnya penyu di pantai ini. Biasanya tour untuk melihat penyu bertelur ini akan dimulai pada pukul 20.00 dari resort yang tersedia di sukamade, karena hawa dan angin dipantai cukup kencang maka disarankan untuk anda yang ingin mengikuti tour ini harus menggunakan baju hangat dan tidak lupa membawa minum dan juga makanan ringan karena and harus berjalan kaki menuju pantai melewati hutan perjalanan akan memakan waktu sekitar 30 menit dari resort sukamade.
Setelah sampai di pantai anda tidak boleh berisik dan menyalakan cahaya apapun karena hal tersebut akan membuat penyu takut dan tidak jadi bertelur disana, jika anda melanggar maka akan sangat merugikan rombongan dan juga anda sendiri karena tidak dapat melihat proses bertelur penyu setelah berjalan jauh di kedinginan malam. Biasanya anda harus menunggu ada penyu yang datang kedarat dan selama menunggu petugas akan melakukan patroli terlebih dahulu untuk memantau titik- titik dari tempat bertelurnya penyu- penyu tersebut.
Penyu- penyu ini biasa pergi kedarat mulai dari jam 20.00 - 24.00. Untuk lokasi yang dipilih penyu untuk bertelur adalah pasir yang empuk, bersih dan juga bersuhu hangat, setelah menemukan lokasi yang sesuai penyu akan menggali pasir tersebut dengan kedalaman sekitar 80- 90 cm, kemudian mereka akan bertelur dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk mengeluarkan semua telur yang biasanya berjumlah sekitar 100an telur penyu, kemudian penyu- penyu tersebut akan menutup kembali lubang dan telurnya dengan pasir. Setelah selesai mengubur telur mereka akan menggali lagi sebuah lubang yang digunakan untuk mengelabui para predator pemangsa telur sebelum akhirnya sang induk pergi kembali ke laut lepas.

Proses Pemindahan Telur Penyu

pemindahan telur penyu dari pantai
Proses pemindahan Telur Penyu

Pada Pagi hari disaat suhu udara masih rendah petugas akan memindahkan telur- telur tersebut  ke dalam sebuah kotak yang khusus dibuat untuk penetasan dan ditata sedemikian rupa. Dan setelah selesai ditata dengan perlahan lalu akan diberi pasir dengan ketinggian/ kedalaman disesuaikan dengan habitat aslinya yaitu sekitar 80- 90 cm tampat menekannya agar telur tidak rusak dan di beri tanda.

penangkaran telur penyu
Tempat Penetasan Telur Penyu


Telur- telur penyu tersebut akan menetas pada hari ke 60- 75 setelah telur tersebut di keluarkan oleh induk penyu. Setelah telur tersebut menetas maka petugas akan membongkar sarang tersebut untuk mempermudah bayi penyu keluar dari dalam pasir dan juga membersihkan kotak penetasan dari cangkang bekas telur dan juga telur yang busuk dan tidak menetas, hal ini juga diperuntukan agar bayi penyu terhindar dari pemangsa seperti semut merah dan juga tikus. Kemudian tukik tersebut akan dipindahkan kesebuah kotak yang disediakan khusus untuk memelihara tukik tersebut sampai waktu pelepasan ke laut lepas tiba.

Pelepasan Tukik ( Bayi Penyu)

pelepasan tukik di sukamade banyuwangi
Pelepasan Tukik Di Pantai Sukamade

Pelepasan tukik ini adalah akhir dari semua proses yang melelahkan mulai dari melihat penyu bertelur dan juga proses pengembangbiakan telur tersebut. Dan untuk pelepasan tukik ini dilakukan hampir setiap hari biasanya pada pagi atau sore hari pada pukul 06.30 untuk pelepasan pagi dan pukul 15- 17.00 pada pelepasan di sore hari. Pelepasan tukik ini tidak boleh lebih dari 7 hari setelah telur penyu penetas karena untuk mengdaptasi mereka terhadap habitat asli dari penyu- penyu tersebut, lebih cepat akan lebih baik, agar tukik tersebut bisa bertahan hidup di habitat alami mereka di laut lepas hingga 200 tahun lamanya.

Di Pantai Sukamade ini terdapat banyak penyu- penyu yang berukuran raksasa, ada sekitar 4 jenis penyu yang bersarang di sekitar pantai Sukamade, jenis penyu- penyu tersebut yaitu:
  • Penyu Hijau
  • Penyu Sisik
  • Penyu Slengkah
  • Penyu Belimbing
Butuh Jasa Transport Murah Di Bali Plus Driver Dan BBM? Kami siap melayani anda. Berikut adalah list harga yang kami tawarkan

Link Banner Link Banner

Share this article with your friends
[ ' [
Location: Kota Banyuwangi, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com