-->

Friday, May 22, 2015

Candi Prambanan | Candi Umat Hindu Terbesar se- Asia Tenggara

candi prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan mungkin anda sudah tahu atau minimal anda pasti sudah pernah mendengarnya karena memang candi ini juga sangat terkenal setelah candi budha terbesar didunia yang berada di Magelang Jawa Tengah yaitu Candi Borobudur.

Candi Prambanan adalah sebuah candi hindu yang digandang- gandang terbesar di Indonesia bahkan se-Asia tenggara dengan ketinggian mencapai 47 meter. Candi ini didirikan pada abad ke- 9, dan telah dinobatkan sebagai cagar budaya oleh UNESCO.

Candi Prambanan sendiri dibangun dan diperuntukan untuk 3 dewa besar umat hindu yaitu Dewa Brahma sebagai dewa pencipta, Dewa Wisnu sebagai Dewa pemelihara, dan juga Dewa Syiwa sebagai Dewa penghancur.


Sejarah

Dahulu kala tanah jawa dikuasai oleh dynasti syailendra yang beragama Budha sekitar 1 abad lamanya, namun karena sering mangalami kekalahan besar, perlahan kekuasaan dynasti syailendra mulai pudar dan kemudian secara perlahan dan pasti dynasti Sanjaya yang beragama Hindu mulai menguasai Tanah Jawa.

Dan kemudian Dinasti Sanjaya membangun sebuah candi untuk menyaingi Candi Borobudur sebagai candi Budha terbesar dunia, yaitu Candi Prambanan yang tidak kalah megah dengan candi tersebut.

Candi Prambanan di bangun pada tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan yang merupakan penguasa dynasti syailendra pada masa itu dan kemudian dilanjutkan dengan pembangunan besar- besaran oleh Lokapala dan dilanjutkan lagi oleh Balitung maha sambu yang merupakan penguasa kerajaan mataram pada masa dynasti Sanjaya. Tidak berhenti sampai disitu pembangunan masih terus dilanjutkan oleh raja Daksa dan juga raja Tulodong dengan membangu candi perwara atau candi- candi kecil yang berjumlah ratusan.

Pada Candi Prambanan ditemukan sebuah prasasti kuno yang bertuliskan tahun 856 masehi yaitu sebuah prasasti Shivagrha. Dalam prasati ini disebutkan bahwa Candi Prambanan ini dibangun untuk menghormati Dewa Syiwa yang merubakan Dewa terbesar umah Hindu.

Dan setelah ditemukannya Prasati Shivagrha ini diketahui juga bahwasannya Candi Prambanan ini dahulunya bernama Shivagrha yang berarti rumah syiwa dan juga disebut Shiva Laya yang berarti kerajaan Syiwa.

Daya Tarik

candi prambanan
Candi Prambanan dikelilingi oleh candi perwara

Daya tarik dari Candi Prambanan yaitu pada ukiran relief- relief kuno yang sangat indah. Candi ini terdiri dari 3 candi utama yang dikelilingi oleh candi- candi kecil atau yang dikenal dengan candi perwara. Candi yang dibuka setiap hari pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, yang sengaja datang untuk menikmati panorama menakjubkan dari situs peninggalan kuno yang mewah dan megah yang sampai saat ini masih berdiri kokoh dan menjulang tinggi, yang menjadi saksi peradapan jaman kuno dahulu kala.

Candi Prambanan juga merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan datang ke yogyakarta sebagai pelengkap kunjungan setelah pergi ke Candi Budha terbesar di dunia yaitu Candi Borobudur.
Butuh Jasa Transport Murah Di Bali Plus Driver Dan BBM? Kami siap melayani anda. Berikut adalah list harga yang kami tawarkan

Link Banner Link Banner

Share this article with your friends
[ ' [
Location: Candi Prambanan, Boko Harjo, Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com